Kwarda Sumatera Selatan Usulkan Pramuka Masuk Kurikulum Sekolah

PALEMBANG,INFOKWARDASUMSEL–Agar dapat membentuk kepribadian yang baik dan dapat membebaskan anak muda dari jeratan narkoba, maka diperlukan pengoptimalan kegiatan-kegiatan yang berada di sekolah, diantaranya Pramuka. Untuk itu kegiatan Pramuka yang dikenal dengan kegiatan ekstrakuler selama ini diusulkan untuk menjadi bagian dari kurikulum sekolah.

Hal ini disampaikan, Ketua Kwarda Sumsel H Abdul Shobur yang ditemui di sela-sela, pembekalan bagi andalam daerah Kwarda Sumsel tahun 2012 di Gedung Serbaguna DPRD Sumsel, Rabu 4 April 2012.

“Pramuka dapat membentuk kepribadian yang baik dan juga harapannya, jiwa pramuka ini dapat masuk dan mendarah daging dikaum muda khususnya yang berusia 7-26 tahun,” katanya.

Menurut Shobur, sudah saatnya memasukan kegiatan Pramuka ke dalam kurikulum sekolah saat ini. Dalam artian, jika disetujui pelajaran pramuka akan diajarkan di kelas. Ditambahkan Shobur, dengan telah diterbitkannya UU No 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, diharapkan usulan untuk menjadikan kegiatan Pramuka masuk kedalam kurikulum pelajaran dari tingkat SD hingga perguruan tinggi dapat disetujui.

“Kita akan bahas usulan ini, pada Rakernas dan Musyawarah LuarBiasa yang digelar akhir April ini di Jakarta. Usulan ini akan kita sampaikan pada acara itu. Dan apabila disetujui akan kitasampaikan ke pemerintah untuk disahkan,” kata Shobur. Mantan Sekretaris DPRD Sumsel ini mengakui, jika kegiatan kepramukaa selama ini kurang diminati siswa, hal ini dikarenakan para siswa lebih memilih untuk fokus pada pelajaran akademik.

“Dengan dimasukannya kegiatan kepramukaan kedalam kurikulum, kita harapkan para siswa dapat lebih fokus belajar tentang ilmu kepramukaan ini,” kata dia.

Ketua Harian Kwarda Sumsel H Sulastro Suwarno menambahkan, usulan untuk dimasukkannya kegiatan Pramuka ke dalam kurikulum pendidikan akan dibahas pada saat Munaslub Pramuka yang akan diadakan di Jakarta pada 28-29 April mendatang.

“Kita harap usulan ini dapat diterima, dan dengan begitu pelajaran kepramukaan dapat dipermanenkan ke dalam kurikulum pendidikan,” pungkasnya. (hanafijal/humaskwardasumsel/sripoku.com) sumber : Abdullah Sarie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: